Kamis, 13 September 2018

RESEP BROWNIES KUKUS


Sebelum postingan Resep Brownies Kukus ini saya sebelumnya pernah membuat Resep Brownis SpesialSetiap disebut nama brownies pasti ingatan kita langsung terbayang pada kue berwarna coklat tua dengan taburan kacang kenari dan keju parut di atasnya. Rasa kue brownies ini sangat lezat yaitu manis, agak gurih karena taburan kejunya, dan sedikit pahit karena coklatnya. Brownies ada dua macam yaitu brownies kukus dan brownies panggang. Brownies panggang dimasak dengan cara diopen sedangkan brownies kukus dimasak dengan cara dikukus, kedua macam brownies ini memiliki citarasa yang hampir sama tetapi brownies panggang lebih kering dan manis. Membuat kue brownies tidak sulit, sesekali gagal tidak masalah asal terus mencoba sampai berhasil siapa tahu brownies buatan sendiri laku di pasaran.


Berikut ini resep brownies kukus yang bisa dicoba di rumah. Bahan yang harus disiapkan adalah:
  • 4 butir telur ayam, 300 gram gula pasir
  • 1 sendok teh SP atau ovalet ( ini berfungsi sebagai pelembut dan stabilizer pada pembuatan cake)
  • 225 gram margarine, ¼ sendok teh vanili bubuk, 100 gram coklat masak pekat
  • 200 gram tepung terigu protein sedang, 1 sendok makan susu bubuk, 1 sendok teh baking powder
  • 50 gram coklat bubuk , 50 gram keju cheddar parut (bisa diganti yang lain sesuai selera).

Alat-alat untuk membuat brownies kukus adalah tempat untuk adonan, saringan, mixer, loyang, tempat untuk mengukus, dan lain-lain.
Cara membuatnya yang adalah:
  1. Tepung terigu, baking powder, susu bubuk, dan coklat bubuk dicampur rata dan disaring dengan saringan, kemudian disisihkan.
  2. Coklat masak pekat dan margarin dilelehkan dengan cara tim, setelah meleleh semua lalu dicampur hingga rata.
  3. Telur, SP, gula, dan vanili bubuk dicampur kemudian dikocok dengan mixer hingga mengembang tetapi jangan terlalu lama karena kue brownies bisa cekung di tengahnya.
  4. Setelah mengembang tuangkan campuran margarin dan coklat masak pekat tadi ke dalam campuran telur lalu aduk hingga rata dengan spatula.
  5. Tambahkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai rata. Setelah semua tercampur rata, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin.
  6. Untuk topingnya, taburkan keju cheddar parut atau kacang kenari atau wijen lalu kukus hingga matang. Setelah brownies kukus matang, segera angkat dan keluarkan dari cetakan lalu potong-potong menurut selera dan kue brownies siap dihidangkan.

About The Writer

Koki

Template yang bertema Media Sosial dan Sangat cocok untuk Blog yang memiliki banyak Post dan Blog Monetize karena pengaturan Iklan yang sangat mudah di Template ini.

Related Posts

Silahkan tinggalkan pesan apa saja untukku disini ^^